Dalam membuat presentasi, gunakan standar "
5 kata kunci/keywords", yaitu:
- Siapa?
- Apa?
- Kenapa?
- Bagaimana?
- Dimana?
Dengan keyword tersebut, kita dapat merencanakan sebuah presentasi yang efektif:
Apa tujuan anda presentasi yang akan anda buat?, untuk penjelasan, pembahasa,permintaan atau solusi?
Anda harus mengetahui siapa pesertanya dan berapa banyak. Ini akan membantu anda untuk mempersiapkan presentasi yang tepat tujuan.
Tahukah anda kenapa mereka ikut? atas kemauan sendiri atau hal lainnya. Pastikan anda mengetahui jawaban pertanyaan ini.
Bagaimana penyajiannya? Pastikan peserta mengetahui pont-point yang akan anda sampaikan. Buat presntasi yang simple dan sebaiknya gunakan visualisasi, karena visualisai akan cepat dipahami dan mudah dimengerti.
Dimana diadakannya? dengan mengetahui lokasi/tempat, anda dapat mengukur kesiapan penunjangnya: proyektor, audio, dll
Penyajian presentasi harus mempunyai
format yang ideal:
- Pembukaan - 10 -20 %
- Isi - 65 -75 %
- Penutupan - 10 -20 %
Dan hal yang perlu anda lakukan untuk mensuskseskan presentasi anda adalah:
- Rencanakan waktu anda.
- Buat poin yang jelas.
- Gaya bicara yang jelas.
- Pergunakan alat peraga atau gambaran yg dpt diterima semua orang
- Tepat waktu.
Dengan mengetahui kiat-kiat tersebut, tentunya presentasi yang akan anda akan mudah diterima, dimengerti dan dipahami!
Sukses untuk Anda!
Sumber: Ethel M. Cook (translate:Duta Puspita)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar