29.8.11

Kiat Merencanakan Presentasi Efektif

Dalam membuat presentasi, gunakan standar "5 kata kunci/keywords", yaitu:
  • Siapa?
  • Apa?
  • Kenapa?
  • Bagaimana?
  • Dimana?

Dengan keyword tersebut, kita dapat merencanakan sebuah presentasi yang efektif:

  • Apa?
Apa tujuan anda presentasi yang akan anda buat?, untuk penjelasan, pembahasa,permintaan atau solusi?

  • Siapa?
Anda harus mengetahui siapa pesertanya dan berapa banyak. Ini akan membantu anda untuk mempersiapkan presentasi yang tepat tujuan.

  • Kenapa?
Tahukah anda kenapa mereka ikut? atas kemauan sendiri atau hal lainnya. Pastikan anda mengetahui jawaban pertanyaan ini.

  • Bagaimana?
Bagaimana penyajiannya? Pastikan peserta mengetahui pont-point yang akan anda sampaikan. Buat presntasi yang simple dan sebaiknya gunakan visualisasi, karena visualisai akan cepat dipahami dan mudah dimengerti.

  • Dimana?
Dimana diadakannya? dengan mengetahui lokasi/tempat, anda dapat mengukur kesiapan penunjangnya: proyektor, audio, dll


Penyajian presentasi harus mempunyai format yang ideal:
  • Pembukaan - 10 -20 %
  • Isi - 65 -75 %
  • Penutupan - 10 -20 %

Dan hal yang perlu anda lakukan untuk mensuskseskan presentasi anda adalah:
  • Rencanakan waktu anda.
  • Buat poin yang jelas.
  • Gaya bicara yang jelas.
  • Pergunakan alat peraga atau gambaran yg dpt diterima semua orang
  • Tepat waktu.
Dengan mengetahui kiat-kiat tersebut, tentunya presentasi yang akan anda akan mudah diterima, dimengerti dan dipahami!

Sukses untuk Anda!

Sumber: Ethel M. Cook (translate:Duta Puspita)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar